logo Kompas.id
EkonomiTekan Kesenjangan, Revolusi Industri 4.0 Perlu Berdayakan Kelompok Rentan

Tekan Kesenjangan, Revolusi Industri 4.0 Perlu Berdayakan Kelompok Rentan

Pandemi memaksa negara-negara untuk meninjau ulang kebijakan ekonomi. Salah satunya, mencari strategi implementasi revolusi industri 4.0 yang inklusif dan berkelanjutan agar tidak memperparah kesenjangan sosial-ekonomi.

Oleh
Agnes Theodora
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/PRIYOMBODO

Pengunjung menyaksikan teknologi robot penyaji kopi yang ditampilkan peserta pameran Indonesia Industrial Summit 2019 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, Banten. Foto diambil pada 15 April 2019. Pameran itu diadakan dalam rangka mendorong akselerasi implementasi ”Making Indonesia 4.0” pada sektor industri dan manufaktur.

JAKARTA, KOMPAS — Transformasi digital yang datang lebih cepat akibat pandemi Covid-19 jangan sampai memperburuk kesenjangan sosial-ekonomi yang saat ini sudah melebar. Strategi pembangunan industri 4.0 harus berpihak pada kelompok rentan, seperti pelaku industri kecil-menengah, pekerja berkeahlian rendah, perempuan, dan anak muda. 

Demikian benang merah hari pertama Konferensi Regional Pembangunan Industri atau RCID Ke-2 yang diselenggarakan Kementerian Perindustrian dan Organisasi Pembangunan Industri Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNIDO) di Jakarta, Rabu (10/11/2021). Ajang itu merupakan bagian dari persiapan menuju Konferensi Tingkat Tinggi G-20 di Bali tahun depan.

Editor:
M Fajar Marta
Bagikan