logo Kompas.id
EkonomiGenerasi ”Sandwich” Bisa...
Iklan

Generasi ”Sandwich” Bisa Menjadi Lebih Baik

Kebiasaan tidak mengungkapkan masalah keuangan membuat generasi ”sandwich” belum menata keuangan dengan baik. Namun, tidak ada kata terlambat untuk belajar untuk meningkatkan literasi dan bagaimana mengelola keuangan.

Oleh
Joice Tauris Santi
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/z7fxRGdsSBd8v4VMAiUT3eKhZMk=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F12%2F20181214_PASAR-MODAL_C_web_1544778504.jpg
KOMPAS/PRIYOMBODO

Pengunjung di galeri yuk nabung saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (14/12/2018). PT Bursa Efek Indonesia berupaya meningkatkan partisipasi masyarakat untuk berinvestasi di pasar modal.

JAKARTA, KOMPAS — Sebagian besar penduduk berusia produktif menanggung biaya untuk lebih dari satu generasi, yaitu orangtua, anak, dan mungkin juga anggota keluarga lain. Secara sosial, mendukung orangtua merupakan sebuah kebanggaan, tetapi di sisi lain situasi itu membuat keadaan keuangan keluarga menjadi lebih berat.

Kebiasaan untuk tidak mengungkapkan masalah-masalah keuangan membuat generasi sandwich lebih banyak menyangkal situasinya dan belum menata keuangan dengan baik. Generasi ini sering diartikan sebagaigenerasi orang dewasa yang harus menanggung hidup tiga generasi, yaitu orangtua, dirinya sendiri, dan anaknya,

Editor:
Mukhamad Kurniawan
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000