logo Kompas.id
EkonomiDrama Korea dan Diaspora...
Iklan

Drama Korea dan Diaspora Menduniakan Produk Indonesia

Promosi produk RI ke dunia bisa menggunakan beragam cara, termasuk melalui drama korea, anime dan manga jepang, serta media sosial. Selain itu, diaspora RI juga berperan memopulerkan produk-produk RI di luar negeri.

Oleh
hendriyo widi
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/4EMPtOI3QPMZVK8YhTjcBWMpj3A=/1024x756/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F01%2Fkompas_tark_8307416_84_0-e1633862033597.jpeg
Kompas

Pengusaha makanan dan minuman asal Indonesia difasilitasi oleh Kementerian Perdagangan, pada 5 Agustus 2014, mengunjungi sejumlah toko serba ada di New Orleans, Amerika Serikat.

Drama seri Korea dan diaspora Indonesia menduniakan produk-produk makanan dan minuman Nusantara. Cara populer melalui jalan ekonomi kreatif dan kolaborasi dengan masyarakat asal Indonesia yang tinggal di banyak negara itu menjadi tren ekspansi sejumlah pelaku usaha industri nasional.

PT Mayora Indah Tbk mempromosikan salah satu produknya, Kopiko, melalui drama seri Korea, antara lain, Vincenzo, Mine, dan Hometown Cha Cha Cha. Produk mi instan bermerek Indomie yang diproduksi PT Indofood CPB Sukses Makmur Tbk juga pernah muncul sebentar dalam drama seri Korea Vagabond.

Editor:
Mukhamad Kurniawan
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000