logo Kompas.id
EkonomiIndustri Telekomunikasi Terus Berinovasi Tingkatkan Layanan Internet

Industri Telekomunikasi Terus Berinovasi Tingkatkan Layanan Internet

Bagi operator telekomunikasi, bertransformasi digital tak mudah sebab perlu kecukupan infrastruktur jaringan, pendanaan, dan manajemen yang lincah. Mereka juga harus berhadapan dengan sengitnya persaingan sesama pemain.

Oleh
Mediana
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas/Totok Wijayanto

Siswi sekolah dasar mengikuti pembelajaran jarak jauh daring dari rumahnya di Bintaro, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (3/8/2021). Infrastruktur telekomunikasi yang baik menyebabkan sistem pengajaran jarak jauh dapat berlangsung dengan lancar.

JAKARTA, KOMPAS — Layanan internet cepat dan berkualitas telah menjadi kebutuhan utama konsumen. Segala jenis aktivitas sehari-hari semakin butuh akses internet. Hal seperti ini menjadi pijakan bagi pelaku industri telekomunikasi untuk lincah bertransformasi.

”Konsumen semakin menuntut layanan internet cepat dan berkualitas. Selama pandemi Covid-19, batas antara layanan internet yang disediakan melalui jaringan tetap telekomunikasi dan jaringan bergerak telekomunikasi semakin kabur. Artinya, kedua infrastruktur jaringan telekomunikasi ini vital," ujar Senior Partner McKinsey & Company Nimal Manuel dalam temu media terbatas dengan sejumlah media nasional, Kamis (23/9/2021), di Jakarta.

Editor:
M Fajar Marta
Bagikan