logo Kompas.id
EkonomiMengejar Adopsi Berkualitas
Iklan

Mengejar Adopsi Berkualitas

Ada sejumlah catatan positif terkait adopsi teknologi digital di Tanah Air dua tahun terakhir. Namun, fenomena itu melahirkan tantangan dan risiko baru yang mesti diantisipasi guna mencapai pertumbuhan yang berkualitas.

Oleh
Mukhamad Kurniawan
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/PsrMiEturYFQsiEkr9-WgOoMsTA=/1024x1271/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F08%2F20210827-Ilustrasi-6a-Pandemi-dan-Digitalisasi_CLR_1630049623.jpg
DIDIE SW

Didie SW

Laporan Facebook dan Bain&Co yang dipublikasikan akhir Agustus 2021, berjudul ”Southeast Asia, the Home for Digital Transformation”, sekali lagi, menegaskan lonjakan adopsi digital di Tanah Air. Menurut laporan riset itu, ada tambahan 70 juta konsumen digital di Asia Tenggara sejak awal pandemi Covid-19 tahun 2020.

Di Indonesia, jumlah konsumen digital diproyeksikan mencapai 165 juta orang tahun ini, tumbuh 15,2 persen dibandingkan tahun lalu yang hanya 144 juta orang. Angka pertumbuhan itu tertinggi dibandingkan negara lain, seperti Vietnam yang konsumen digitalnya tumbuh 8 persen atau Malaysia, Filipina, dan Singapura yang masing-masing tumbuh 5 persen.

Editor:
M Fajar Marta
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000