logo Kompas.id
EkonomiJangkauan 4G Meluas, tetapi...
Iklan

Jangkauan 4G Meluas, tetapi Kualitas Layanan Bermasalah

Ketersediaan layanan telekomunikasi berteknologi seluler 4G di Indonesia terus meningkat. Layanan bahkan telah menjangkau wilayah pelosok. Namun, ada problem soal kualitas layanan, antara lain, di sisi kecepatan.

Oleh
Mediana
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/Lc4ROLnhxXuSjDPgYgAgDvJKVms=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F01%2Fkompas_tark_15171734_2_2.jpeg
KOMPAS/NOBERTUS ARYA DWIANGGA

Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS — Tingkat ketersediaan layanan telekomunikasi 4G di Indonesia dinilai semakin luas. Namun, kualitas layanan yang diterima masyarakat masih bermasalah.

Laporan ”4G for Meaningful Connectivity” oleh organisasi Alliance for Affordable Internet dan perusahaan analitik telekomunikasi seluler OpenSignal yang dirilis pada Senin (6/9/2021) menyebutkan, tingkat ketersediaan layanan 4G di DKI Jakarta, Bali, dan Kepulauan Riau berada di atas 90 persen. Ketiganya termasuk provinsi teratas. Di luar itu, ada provinsi dengan ketersediaan layanan 4G berkisar 70 persen.

Editor:
Mukhamad Kurniawan
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000