logo Kompas.id
EkonomiDigitalisasi Kunci Bertahan UMKM Hadapi Pandemi

Digitalisasi Kunci Bertahan UMKM Hadapi Pandemi

UMKM berperan dalam pemulihan ekonomi di masa krisis, termasuk pula saat pandemi Covid-19. UMKM dituntut mampu beradaptasi dengan perubahan situasi dan perkembangan teknologi informasi, termasuk dalam pemasaran produk.

Oleh
COKORDA YUDISTIRA M PUTRA
· 1 menit baca
Memuat data...
ISTIMEWA/WAPENA BALI

Pemanfaatan teknologi digital menjadi kunci bagi UMKM untuk bertahan di masa pandemi Covid-19. Tangkapan layar dari tayangan materi Kepala Bidang Ekonomi Kreatif dan UMKM DPP Nawacita Pariwisata Indonesia Jro Puspawati Saskara dalam webinar bertemakan ”Fakta Pandemi, UMKM Untuk Bali Bangkit”, yang diselenggarakan komunitas Wartawan Peduli Bencana Bali, Jumat (3/9/2021).

DENPASAR, KOMPAS — Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Bali diyakini berperan dalam pemulihan ekonomi di masa krisis, termasuk pandemi Covid-19. Namun, pelaku UMKM dituntut beradaptasi dengan perubahan situasi dan perkembangan teknologi informasi, termasuk dalam pemasaran.

Demikian benang merah dari seminar daring bertemakan ”Fakta Pandemi, UMKM Untuk Bali Bangkit”, yang diselenggarakan komunitas Relawan Pengurangan Risiko Bencana Bali dan Wartawan Peduli Bencana (Wapena) Bali, Jumat (3/9/2021). Hadir tiga narasumber, yakni Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Rizki Ernadi Wimanda; Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (UKM) Provinsi Bali I Wayan Mardiana; serta Kepala Bidang Ekonomi Kreatif dan UMKM DPP Nawacita Pariwisata Indonesia Jro Puspawati Saskara.

Editor:
Gregorius Magnus Finesso
Bagikan