logo Kompas.id
EkonomiBelum Semua Bank Siap Menjadi ...
Iklan

Belum Semua Bank Siap Menjadi Bank Digital

Perkembangan teknologi dan tuntutan konsumen menjadi keniscayaan perbankan untuk bertransformasi memberikan layanan digital. Namun, masih banyak kendala bagi bank untuk bertransformasi digital.

Oleh
Benediktus Krisna Yogatama
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/gJgP3oKmQ-LiM2ed4LJfgCkfKD0=/1024x636/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F08%2F6b86139a-b5fe-4773-8248-f79e9db5144b_jpg.jpg
KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Gerai layanan CIMB Niaga Digital Lounge di salah satu mal di Jakarta, Kamis (5/8/2021). Layanan digital perbankan terus tumbuh, terutama pada masa pandemi Covid-19. Dalam beberapa tahun terakhir, CIMB Niaga sudah banyak mengurangi kantor cabang konvensional dengan mengonversi cabang konvensional menjadi cabang digital lounge seiring meningkatnya adaptasi digital di sektor perbankan.

JAKARTA, KOMPAS — Belum semua bank siap dan memiliki kapasitas untuk berubah menjadi bank digital. Tidak hanya membutuhkan belanja infrastruktur teknologi informasi yang besar dan sumber daya manusia yang melek teknologi, tetapi juga upaya mengubah pola pikir dan budaya kerja.

Hal itu mengemuka dalam webinar bertajuk ”Menjadikan Industri Jasa Keuangan Adaptif dan Antisipatif: Sosialisasi POJK Terkini tentang Kelembagaan Bank, Percepatan Perizinan Produk Bank, dan Penguatan Penanganan Lembaga Jasa Keuangan” yang diselenggarakan Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI), Senin (30/8/2021).

Editor:
Aris Prasetyo
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000