logo Kompas.id
EkonomiPelaku UMKM Harus Segera Masuk ke Ekosistem Digital

Pelaku UMKM Harus Segera Masuk ke Ekosistem Digital

Ekosistem ekonomi digital harus segera dimasuki oleh pelaku usaha mikro, kecil dan menengah. Tidak hanya cara-cara berjualan daring, tetapi juga menciptakan konten kreatif yang dibutuhkan pasar agar bisa bertahan.

Oleh Stefanus Osa Triyatna
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/JUMARTO YULIANUS

Pengunjung melihat produk makanan dalam Pagelaran UMKM Karya Kreatif Banua-Go Digital di Atrium Duta Mall, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Sabtu (6/3/2021). Pameran selama dua hari, 6-7 Maret 2021, tersebut diadakan Bank Indonesia Kalsel untuk mendukung digitalisasi UMKM di masa adaptasi kebiasaan baru.

JAKARTA, KOMPAS — Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM harus segera masuk ke ekosistem digital sembari tetap fokus pada pengembangan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Untuk bertransformasi ke ekosistem digital, mereka membutuhkan bantuan dan dukungan dari pemerintah, dunia usaha, dan institusi pendidikan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S Uno dari Lembah Harau, Kabupaten Limapuluh Koto, Sumatera Barat, Sabtu (28/8/2021), mengatakan pentingnya ekosistem ekonomi digital bagi pelaku UMKM dalam webinar bertema ”UMKM Go Online dan Go Digital: UMKM Kuat, Bangsa Berdaulat” yang diselenggarakan PT Pertamina (Persero) dan Radio Sonora.

Editor: Aris Prasetyo
Bagikan
Memuat data..