logo Kompas.id
EkonomiMasih Ada Kendala Pengelolaan Mahadata di Indonesia

Masih Ada Kendala Pengelolaan Mahadata di Indonesia

Gaung transformasi digital yang dilakukan oleh organisasi perusahaan swasta ataupun pemerintah tidak serta-merta membuat mereka piawai memanfaatkan mahadata dalam pengambilan keputusan.

Oleh
Mediana
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Gedung data center yang berada di area Data Center Kampus DCI Indonesia di Cikarang Barat, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (27/5/2021). DCI Indonesia mulai meresmikan gedung data center JK5 melengkapi tiga gedung data center yang telah beroperasi sebelumnya. Penambahan gedung data center tersebut untuk meningkatkan layanan bagi pelanggan di Indonesia serta membangun ekosisem data center lokal terlengkap di Indonesia yang akan mendukung pertumbuhan ekonomi digital.

JAKARTA, KOMPAS — Baik pengusaha maupun instansi pemerintah menyadari pentingnya mahadata dalam pengambilan keputusan strategis. Namun, mereka masih kebingungan dan kesulitan dalam mengelola mahadata yang begitu kompleks.

”Mereka (pengusaha dan instansi pemerintahan) tahu bahwa untuk bertransformasi digital, data memegang peranan krusial. Mereka juga tahu bahwa sudah ada situasi pesatnya inovasi teknologi digital, seperti kecerdasan buatan dan mesin pembelajaran, untuk manajemen mahadata. Namun, masih ada di antara mereka yang kesulitan mengikuti perkembangan ataupun mengolah data yang mereka miliki,” ujar General Manager Dell Technologies Indonesia Richard Jeremiah, Jumat (27/8/2021), di Jakarta.

Editor:
Aris Prasetyo
Bagikan