logo Kompas.id
EkonomiDengan Digitalkan Pemasaran,...
Iklan

Dengan Digitalkan Pemasaran, UMKM Bisa Tingkatkan Dampak Positif ke Masyarakat Sekitar

Pemasaran digital bagi usaha mikro, kecil, dan menengah mendorong pelaku usaha lebih sukses dan lebih berdampak positif pada masyarakat sekitar. Riset kolaborasi Blibli.com, Kompas, dan Boston Consulting menunjukkannya.

Oleh
Mediana
· 1 menit baca
https://dmm0a91a1r04e.cloudfront.net/nH3LtLtqVNm8l_KAD-i5fFy4dnE=/1024x823/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F08%2FScreenshot_2021-08-26-10-07-02-92_2ef548bf47261a0f379d52645eb41568_1629958391-e1629958408605.jpg

JAKARTA, KOMPAS — Digitalisasi usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM diyakini mampu memberikan manfaat ganda kepada pelaku usaha dan komunitas di sekitarnya. Selain diperkenalkan soal teknis penggunaan platform digital, pelaku UMKM juga perlu mendapatkan dukungan fasilitasi literasi digital dan kewirausahaan.

Demikian benang merah hasil riset ”Digitalisasi UMKM - Kunci Pertumbuhan Inklusif Perekonomian Indonesia (2021)” yang dikerjakan secara kolaboratif antara Blibli.com, harian Kompas, dan Boston Consulting Group. Sebanyak 77 persen responden UMKM mempekerjakan orang-orang di komunitas mereka. Satu UMKM dapat membuka hingga lima kesempatan kerja.

Editor:
Mukhamad Kurniawan
Bagikan