logo Kompas.id
EkonomiDigiring Menuju Normal Baru

Digiring Menuju Normal Baru

Uji coba sudah berjalan dan pelan-pelan mulai diperlonggar dan diperluas. Dengan pilihan frasa ”uji coba”, masyarakat pelan-pelan digiring menuju normal baru di tengah masih garangnya virus korana baru varian Delta.

Oleh Hendriyo Widi
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Mitra pengemudi ojek daring memindai kode QR aplikasi Peduli Lindungi untuk menunjukkan sertifikat vaksinasi saat akan memasuki Mal Seasons City, Jakarta Barat, Senin (16/8/2021). Dalam satu pekan ini uji coba normal baru dengan membuka aktivitas perekonomian secara bertahap mulai dilakukan dengan pembukaan pusat perbelanjaan dan industri berbasis ekspor.

Pemerintah tengah menggiring masyarakat menuju normal baru era vaksinasi. Tentu saja hal itu tetap dikombinasikan dengan penerapan protokol kesehatan ketat dan 3T atau tes Covid-19, penelusuran kontak erat, dan perawatan-pengobatan yang terpapar Covid-19. Benarkah sudah siap dan berbasis vaksinasi?

Di tengah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4, 3, dan 2 di Jawa dan Bali, pemerintah tengah menguji coba membuka pusat perbelanjaan dan industri berbasis ekspor dengan kapasitas penuh (100 persen). Saat ini, uji coba pembukaan mal sudah memasuki tahap kedua pada 17-23 Agustus 2021 dari semula di empat daerah diperluas menjadi 20 daerah.

Editor: Aris Prasetyo
Bagikan
Memuat data..