logo Kompas.id
EkonomiSi Kecil Incaran Investor Besar

Si Kecil Incaran Investor Besar

Ada belasan bank bermodal kecil, yakni bermodal inti Rp 2 triliun-Rp 5 triliun, yang jadi incaran pemodal besar untuk diubah jadi bank digital. Persaingan untuk memberikan layanan perbankan digital menjadi makin ketat.

Oleh
Joice Tauris Santi
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO

Ilustrasi. Petugas dengan menggunakan sarung tangan, pelindung wajah, dan masker memberikan informasi kepada nasabah di Kantor Cabang Digital Bank Mandiri Syariah, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Rabu (3/6/2020).

Bank-bank dengan modal inti Rp 2 triliun hingga Rp 5 triliun menjadi incaran investor besar tiga tahun terakhir. Para investor mengincar bank-bank mini untuk diubah menjadi bank digital. Bank-bank cilik ini seperti gadis manis yang menanti dipersunting pangeran gagah berkuda putih yang akan membuat hidupnya terbebas dari kesulitan lalu hidup bahagia selamanya.

Bagi investor, upaya mengakuisisi bank mini dan mengubahnya menjadi bank digital akan memangkas banyak proses dan biaya ketimbang mendirikan bank baru. Bisnis perbankan merupakan bisnis menarik. Rata-rata margin bunga bersih (net interest margin) perbankan Indonesia sekitar 4,5 persen atau lebih tinggi dari rata-rata margin bunga bersih perbankan Malaysia yang 2 persen atau perbankan Thailand yang 3,5 persen.

Editor:
Mukhamad Kurniawan
Bagikan