logo Kompas.id
EkonomiBagi Rata Rezeki Pedagang Kecil

Bagi Rata Rezeki Pedagang Kecil

Kenapa tidak kita berbagi dan saling membantu? Pelaku UMKM yang sempat mencecap rasanya terdampak pandemi pun turut berbagi dan menolong sesamanya agar bisa bertahan.

Oleh
M Paschalia Judith J
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/M PASCHALIA JUDITH J

Ilustrasi laman daftar penerima yang telah diverifikasi tim Bagirata. Calon pengirim mentransfer dana secara langsung setelah memilih penerima yang ada di daftar tersebut.

Berulang kali Halimah Sadiah mengucapkan ”alhamdulillah” ketika menceritakan perasaannya memperoleh dana dari Bagirata di tengah ketidakpastian pencairan bantuan pemerintah. Dia langsung menggunakannya untuk membeli buku sekaligus mencicil sebagian tunggakan biaya pendidikan anaknya yang totalnya Rp 2 juta.

Saat ini, dia bekerja menjaga warung makan di Gedangan, Jawa Timur. Berbekal motor pinjaman dari pemilik warung, dia bolak-balik ke tempat tinggalnya di Surabaya. ”Sebelum pandemi, saya bekerja sebagai pengemudi ojek online dan kurir katering tetangga dekat rumah. Pandemi membuat pesanan menurun drastis. Lalu, sebelum (bulan) puasa, saya kehilangan motor,” tuturnya saat dihubungi, Senin (9/8/2021).

Editor:
nurhidayati
Bagikan