logo Kompas.id
EkonomiPemasaran Digital Membuat UMKM...
Iklan

Pemasaran Digital Membuat UMKM Bertahan di Masa Pademi

Selama pandemi Covid-19, pemakaian teknologi digital untuk berjualan relatif membantu UMKM bertahan dari potensi gulung tikar.

Oleh
Mediana
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/lC6d-kFgGNjKg8zkTlinM9OyLzo=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F07%2Fa3f47f56-701d-4e21-9dfa-a7de2756eae5_jpg.jpg
KOMPAS/JUMARTO YULIANUS

Pengunjung melihat produk kain sasirangan dalam kegiatan Sharia Fair melalui pameran UMKM dan Pondok Pesantren di Atrium Duta Mall, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat (23/7/2021). Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalsel menggelar Sharia Fair pada 23-24 Juli 2021 dalam rangka menyemarakkan kegiatan ”Road to Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) Kawasan Timur Indonesia 2021”.

JAKARTA, KOMPAS — Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM yang mengadopsi teknologi digital untuk penjualan barang dan jasa secara daring relatif bisa bertahan selama pandemi Covid-19. Meski demikian, mereka tidak boleh mengabaikan inovasi produk.

Salah satu survei yang menyorot bagaimana kondisi UMKM selama pandemi Covid-19 adalah Grow With Google Impact Researchyang dikerjakan oleh Google dan Kantar. Survei ini menyasar ke 1.571 UMKM yang mengikuti pelatihan Gapura Digital dan Women Will dari Google. Survei dilaksanakan pada April-Juni 2021.

Editor:
Aris Prasetyo
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000