logo Kompas.id
EkonomiDampak Jangka Panjang Pasca-pandemi Perlu Diantisipasi

Dampak Jangka Panjang Pasca-pandemi Perlu Diantisipasi

Dampak jangka panjang pasca-pandemi diperkirakan membuat perekonomian sulit kembali ke posisi sebelumnya. Pemerintah dan semua pihak perlu bekerja sama mengantisipasi hal ini.

Oleh
Benediktus Krisna Yogatama
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO

Seorang terlelap pada lahan kosong yang berada di bawah jembatan kereta di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (20/52/021). Berdasarkan data BPS, jumlah pengangguran pada Februari 2021 adalah 6,93 juta orang, menurun dari posisi Agustus 2020 yang sebanyak 9,77 juta orang.

JAKARTA, KOMPAS — Pemerintah bersama semua pihak perlu mengantisipasi dampak jangka panjang perekonomian Indonesia pada tahun-tahun mendatang pasca-pandemi. Perekonomian akan semakin sulit melompat kembali ke tingkat pertumbuhan seperti tahun-tahun sebelum terjadinya kontraksi ekonomi karena pandemi apabila tidak memperoleh penanganan yang tepat dan cepat.

Deputi Ekonomi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Amalia Adininggar mengungkapkan hal itu berdasarkan telaah atas krisis-krisis ekonomi yang sebelumnya pernah mendera Indonesia.

Editor:
nurhidayati
Bagikan