logo Kompas.id
EkonomiMenaker Ida Fauziyah: Jadikan PHK Opsi Terakhir

Menaker Ida Fauziyah: Jadikan PHK Opsi Terakhir

Lonjakan kasus Covid-19 dan penerapan PPKM darurat akan memukul mundur dunia kerja. Pemerintah mengimbau pengusaha menghindari PHK dan akan mengkaji insentif untuk menjaga napas dunia usaha dan melindungi pekerja.

Oleh Agnes Theodora
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/ALIF ICHWAN

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah memberikan sambutan dalam acara Rapat Koordinasi Kepala Dinas Ketenagakerjaan Provinsi se-Indonesia tentang RUU Cipta Kerja di Jakarta, Kamis (20/2/2020). Hadir pula Dirjen PHI Jamsos Kemenaker Haiyano Rumondang dan Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono.

Awal tahun ini, seiring dengan pelonggaran pembatasan aktivitas masyarakat, perekonomian Indonesia sempat berada pada jalur pemulihan. Roda ekonomi dan dunia usaha kembali bergerak, membuat kondisi ketenagakerjaan yang tertekan perlahan membaik. Badan Pusat Statistik mencatat, per Februari 2021, jumlah penduduk usia kerja yang terdampak pandemi berkurang dibandingkan dengan kondisi pada Agustus 2020.

Namun, di pengujung triwulan II-2021, sebagai konsekuensi dari pelonggaran, penularan Covid-19 melonjak. Penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat, yang memang diperlukan untuk mengontrol penyebaran Covid-19, memukul mundur roda ekonomi.

Editor: nurhidayati
Bagikan
Memuat data..