logo Kompas.id
EkonomiIndonesia-Meksiko Tanda Tangani Nota Kerja Sama Imbal Dagang

Indonesia-Meksiko Tanda Tangani Nota Kerja Sama Imbal Dagang

Indonesia-Meksiko memperkuat kerja sama perdagangan berskema imbal dagang. Selain Meksiko, Indonesia juga tengah menjajaki skema itu dengan Turki, Rusia, Afghanistan, Jerman, Belanda, Perancis, Filipina, India, dan Iran.

Oleh Hendriyo Widi
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO

Anwar (kanan) dan Mimih memeriksa penjemuran biji pala di tempat pengolahan pala UD Rempah-Rempah milik Sajili di Kampung Balandongan, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (27/8/2020). Biji pala ini menjadi bahan baku olahan minyak atsiri untuk pemenuhan sejumlah industri, baik lokal maupun permintaan ekspor.

JAKARTA, KOMPAS — Indonesia dan Meksiko telah menandatangani nota kesepahaman kerja sama perdagangan berskema imbal dagang bisnis untuk bisnis. Sebagai proyek percontohan kerja sama itu, Indonesia akan mengekspor pupuk urea, pupuk batubara, arang batok kelapa, dan ragam rempah-rempah, yaitu kayu manis, pala, dan lada, sedangkan Meksiko menawarkan biji wijen dan minyak nabati kanola dan biji bunga matahari.

Nota kesepahaman bisnis untuk bisnis (MoU B-to-B) tersebut ditandatangani oleh Direktur Utama PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) atau PPI Nina Sulistyowati dan Direktur Cluster de l+D y TICs Myrhge del Carmen Spross Barcenas, Jumat (2/7/2021) malam. PT PPI akan bertindak sebagai badan pelaksana imbal dagang di Indonesia dan Cluster de l+D y TICs sebagai badan pelaksana imbal dagang di Meksiko.

Editor: Mukhamad Kurniawan
Bagikan
Memuat data..