logo Kompas.id
EkonomiWirausahaNTB Berencana Siapkan Kawasan Zona Hijau Wisata

NTB Berencana Siapkan Kawasan Zona Hijau Wisata

Pemerintah Provinsi NTB berencana menetapkan sejumlah zona hijau wisata. Harapannya, zona hijau wisata ini berdampak pada pemulihan sektor pariwisata yang hingga saat ini masih lesu akibat merebaknya pandemi.

· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/ISMAIL ZAKARIA

Kawasan Pantai Kuta di destinasi super prioritas Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, tampak lengang, Sabtu (15/5/2021). Kondisi itu akibat penutupan sementara kawasan tersebut guna mencegah penyebaran penularan Covid-19 yang hingga saat ini belum bisa dikendalikan. Akses masuk diperbolehkan bagi warga setempat, termasuk karyawan usaha jasa pariwisata, serta masyarakat yang telah melakukan reservasi atau yang sedang menginap, tetapi tetap dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

MATARAM, KOMPAS — Lonjakan kasus Covid-19 hingga saat ini masih belum bisa dikendalikan di Nusa Tenggara Barat. Akibatnya, industri pariwisata masih lesu. Oleh karena itu, untuk menggairahkan kembali industri itu, pemerintah daerah setempat berencana menetapkan sejumlah area sebagai destinasi zona hijau yang aman dikunjungi wisatawan selama pandemi.

Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat Yusron Hadi, melalui siaran resminya di Mataram, Senin (28/6/2021), mengatakan, kawasan yang menurut rencana ditetapkan sebagai zona hijau wisata ialah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Lombok Tengah, Desa Sembalun di Lombok Timur, kawasan Tiga Gili di Lombok Utara, dan Pulau Moyo di Pulau Sumbawa.

Editor: Agnes Swetta Pandia
Bagikan
Memuat data..