logo Kompas.id
EkonomiProduksi Konten Bermuatan Lokal Perlu Didorong

Produksi Konten Bermuatan Lokal Perlu Didorong

Proses migrasi siaran televisi analog ke televisi digital bukan sebatas menyangkut infrastruktur teknis, melainkan juga penyediaan program siaran yang berpihak pada muatan lokal.

Oleh Mediana
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Warga menonton debat pertama capres-cawapres melalui tayangan televisi di poskamling warga di kawasan Cengkareng, Jakarta, Kamis (17/1/2019).

JAKARTA, KOMPAS — Proses migrasi penyiaran televisi analog ke televisi digital atau analog switch off  (ASO) yang sekarang tengah berlangsung semestinya disertai pembangunan ekosistem produksi program lokal di berbagai daerah. Dengan demikian, digitalisasi penyiaran bisa optimal menghasilkan diversifikasi konten.

”Apabila pasca-ASO, program penyiaran masih terpusat dari Jakarta dan sekitarnya seperti kecenderungan sekarang, maka digitalisasi tidak optimal. Pemerintah semestinya bisa ambil peran mendorong kesetaraan program siaran lokal dari seluruh wilayah di Indonesia,” ujar Ketua Pemantau Regulasi dan Regulator Media (PR2Media) Masduki saat dihubungi Minggu (13/6/2021) di Jakarta.

Editor: M Fajar Marta
Bagikan
Memuat data..