logo Kompas.id
EkonomiStrategi Pengelolaan Investasi Berkelanjutan

Strategi Pengelolaan Investasi Berkelanjutan

Investor turut bertanggung jawab atas dampak negatif atau kerusakan yang diakibatkan oleh kegiatan bisnis. Hal ini berlaku pula sebaliknya, pembiayaan dari investor dapat mendorong perkembangan proyek ramah lingkungan.

Oleh ANDI MIFTACHUL HUDA dari Otoritas Jasa Keuangan
· 1 menit baca

Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap tanggal 5 Juni. Peringatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan kesadaran global tentang perlunya mengambil tindakan untuk kelestarian lingkungan. Sebagai investor, hal ini bisa dimanfaatkan sebagai momentum untuk mulai mengimplementasikan strategi investasi berkelanjutan.

Secara tidak langsung, investor turut bertanggung jawab atas dampak negatif atau kerusakan yang diakibatkan oleh kegiatan bisnis perusahaan. Hal ini berlaku pula sebaliknya, pembiayaan dari investor dapat mendorong perkembangan proyek berbasis sosial dan lingkungan. Aspek dampak lingkungan, sosial, dan tata kelola (LST) perlu menjadi pertimbangan dalam melakukan penempatan dana.

Konsep inilah yang disebut dengan investasi berkelanjutan (sustainable and responsible investing). Investasi dilakukan pada instrumen atau perusahaan yang mempunyai dampak positif. Setidaknya perusahaan dan proyek itu tidak bertentangan dengan prinsip LST.

Editor: Nur Hidayati
Bagikan
Memuat data..