logo Kompas.id
EkonomiTingkatkan Transportasi Perkotaan lewat ”Teman Bus”

Tingkatkan Transportasi Perkotaan lewat ”Teman Bus”

Transportasi perkotaan berperan penting dalam melayani kebutuhan masyarakat akan mobilitas. ”Teman Bus” merupakan aplikasi yang diperkenalkan Kementerian Perhubungan untuk mengatasi permasalahan angkutan umum.

Oleh Stefanus Osa Triyatna
· 1 menit baca
Memuat data...
ARSIP DITJEN PERHUBUNGAN DARAT

Salah satu bus yang menggunakan aplikasi ”Teman Bus” diperlihatkan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat di Solo, Rabu (9/6/2021).

JAKARTA, KOMPAS — Transportasi perkotaan berperan penting dalam melayani kebutuhan masyarakat akan mobilitas dan mendorong perkembangan ekonomi di suatu wilayah. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat sebagai instansi pusat yang secara teknis membina penyelenggaraan transportasi menggelar Bimbingan Teknis Angkutan Perkotaan di Kota Solo, Jawa Tengah, Rabu (9/6/2021).

Program bantuan bus dari pusat ke daerah yang telah berjalan sebelumnya dinilai oleh banyak kalangan kurang berhasil. Tak ingin menuai kegagalan yang sama, Ditjen Perhubungan Darat membuat sebuah terobosan berupa Program Pengembangan Angkutan Umum Massal Berbasis Jalan di wilayah perkotaan dengan skema buy the service yang dinamakan ”Teman Bus” atau singkatan dari Transportasi, Ekonomis, Mudah, Aman, dan Nyaman.

Editor: Aris Prasetyo
Bagikan
Memuat data..