logo Kompas.id
EkonomiWirausahaUMKM Berpengalaman Menjadi Penggerak Ekonomi Kala Krisis

UMKM Berpengalaman Menjadi Penggerak Ekonomi Kala Krisis

Pemerintah mendukung UMKM dan koperasi yang sangat tangguh di setiap krisis, termasuk saat pendemi Covid-19, karena itu kelompok ini perlu diberikan peningkatan kapasitas, terutama teknologi digital.

Oleh COKORDA YUDISTIRA
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/COKORDA YUDISTIRA

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki (tengah) menghadiri acara dialog bersama kalangan UMKM di Kabupaten Klungkung, Bali, dalam rangkaian kunjungan kerjanya di Kabupaten Klungkung, Selasa (8/6/2021).

KLUNGKUNG, KOMPAS — Usaha mikro, kecil, dan menengah serta koperasi berpengalaman menjadi penggerak dan katalisator ekonomi ketika Indonesia mengalami krisis ekonomi 1998. Dalam masa pandemi Covid-19, pemerintah mendukung dan membantu UMKM dan koperasi, antara lain mempermudah perizinan, menyiapkan standardisasi, dan membuka akses kredit serta meningkatkan kapasitas UMKM melalui teknologi digital.

Dengan pemanfaatan teknologi digital, menurut Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, pelaku UMKM dan koperasi memiliki akses untuk terhubung ke pasar global. ”Ekonomi sangat terbuka. Dunia terhubung dengan digital,” kata Teten dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Klungkung, Bali, Selasa (8/6/2021).

Editor: Agnes Swetta Pandia
Bagikan
Memuat data..