logo Kompas.id
EkonomiSaatnya Makin Gesit Bertransformasi

Saatnya Makin Gesit Bertransformasi

Keberadaan teknologi akses seluler 5G mendorong perubahan lanskap di industri telekomunikasi. Perusahaan telekomunikasi pun dituntut semakin gesit memanfaatkan arus besar perubahan saat ini.

Oleh Mediana
· 1 menit baca
Memuat data...
AFP/NICOLAS ASFOURI

Toko produk Huawei berstiker 5G di Beijing, China, pada 25 Mei 2020. (NICOLAS ASFOURI / AFP)

Sejak pandemi Covid-19, konektivitas berperan makin krusial dalam semua aspek kehidupan. Mulai dari keandalan panggilan pertemuan virtual via Zoom hingga menonton langsung (live streaming) aneka konten video. Deloitte dalam laporan Understanding The Sector Impact of Covid-19:Telecommunications (2020) menyebutkan, banyak perusahaan telekomunikasi di dunia melaporkan lonjakan penggunaan jaringan. Di beberapa negara, volume panggilan suara juga meningkat secara eksponensial.

Di Indonesia, sesuai laporan riset Telecom Sector, A Good Change for Direction dari Trimegah Sekuritas  (Mei 2021), lalu lintas data tiga operator telekomunikasi seluler - Telkomsel, XL Axiata, dan Indosat Ooredoo - naik dari 13.246 petabit pada 2019 menjadi 19.431 petabit pada 2020.  Ini semakin menggarisbawahi pentingnya telekomunikasi.

Editor: nurhidayati
Bagikan
Memuat data..