logo Kompas.id
EkonomiYuri Gagarin dan Misi RI Sambangi Rusia-Eurasia

Yuri Gagarin dan Misi RI Sambangi Rusia-Eurasia

Para pelaku usaha berharap agar aktivitas perdagangan dan investasi antara Indonesia dengan Rusia dan EAEU diperluas, khususnya melalui perjanjian perdagangan bebas (FTA).

Oleh Hendriyo Widi
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Patung Yuri Gagarin, kosmonot Rusia yang menjadi manusia pertama melakukan perjalanan ke luar angkasa, menghiasi Taman Mataram, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (15/3/2021). Patung berbahan perunggu karya pematung AD Leonov itu hibah dari Pemerintah Rusia kepada Pemerintah Indonesia untuk menandai 70 tahun hubungan diplomatik dan persahabatan kedua negara.

Tujuh puluh satu tahun sudah atau sejak 3 Februari 1950 Indonesia melakoni relasi bilateral dengan Rusia. Patung perunggu Yuri Alekseyevich Gagarin yang diberikan Rusia kepada Indonesia menjadi salah satu simbol relasi persahabatan Jakarta-Moskwa.

Patung kosmonot pertama Rusia yang berhasil ke luar angkasa pada 1961 dengan wahana penjelajah Vostok I itu kini berada di Taman Mataram, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, sejak diresmikan pada 12 Maret 2021. Patung itu juga menyimbolkan kerja sama Sister City Jakarta-Moskwa yang terjalin sejak 2006.

Editor:
Bagikan
Memuat data..