logo Kompas.id
EkonomiIndonesia Sasar Pasar Halal...
Iklan

Indonesia Sasar Pasar Halal Global

Dengan penduduk mencapai 12,7 persen dari total populasi Muslim dunia, Indonesia masih sebatas jadi pasar produk halal global. Padahal, ada potensi pasar yang besar yang seharusnya bisa dikuasai pelaku industri lokal.

Oleh
Agnes Theodora
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/3ahw3h5GchoEzS5v0cQz8RdpfW4=/1024x650/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F06%2F1cb73118-35ff-4462-9f57-b90c1594ec98_jpg.jpg
KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Pengunjung melihat koleksi busana di salah satu gerai yang mengikuti bazar di Thamrin City, Jakarta, yang juga dikenal sebagai salah satu pusat belanja busana Muslim, Kamis (3/6/2021). Indonesia memiliki potensi sebagai pemain utama industri mode Muslim dunia karena memiliki keanekaragaman produk yang didukung keberadaan komunitas dan asosiasi mode Muslim.

JAKARTA, KOMPAS — Pasar halal dunia menyimpan potensi besar yang belum maksimal dimanfaatkan industri dalam negeri. Pengembangan produk halal disiapkan dari sekarang agar Indonesia tidak hanya menjadi pasar bagi negara lain, tetapi juga pemain utama yang menguasai pasar lokal sampai global.

Mengacu laporan State of Global Islamic Economy 2020-2021, pada 2019 masyarakat Muslim dunia menghabiskan konsumsi total 2,02 triliun dollar AS di sektor makanan, farmasi, kosmetik, mode, perjalanan/wisata, media, dan rekreasi halal.

Editor:
Mukhamad Kurniawan
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000