logo Kompas.id
EkonomiPengumpulan Data SDGs Desa Masih Jauh dari Target

Pengumpulan Data SDGs Desa Masih Jauh dari Target

Pengumpulan data Sustainable Development Goals atau SDGs Desa masih jauh dari target. Baru mencapai 49 persen yang diunduh ke Sistem Informasi Desa, sementara tengat akhir pada Juli 2021 semakin dekat.

Oleh Stefanus Osa Triyatna
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/DAHLIA IRAWATI

Warga Desa Pandanlandung, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin (7/9/2020), membangun gapura desa sebagai bagian dari program padat karya tunai desa (PKTD). Pembangunan dengan memanfaatkan dana desa tersebut diharapkan dapat mengungkit pertumbuhan ekonomi di desa selama masa pandemi ini.

JAKARTA, KOMPAS — Pengumpulan data Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals Desa masih jauh dari target. Walaupun telah dibantu lebih dari 1 juta kelompok kerja relawan, jumlah desa yang dihimpun Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi baru mencapai 49 persen yang diunduh ke Sistem Informasi Desa. Meski demikian, berbagai gambaran kondisi warga desa mulai terlihat.

Sistem Informasi Desa (SID) Kemendesa PDTT per 3 Juni 2021 menunjukkan jumlah desa yang terdata mencapai 36.424 desa yang terdiri 376.177 rukun tetangga (RT). Kemudian, terdata pula di dalamnya sebanyak 23,85 juta keluarga dengan total warga sekitar 70,24 juta jiwa.

Editor: Aris Prasetyo
Bagikan
Memuat data..