logo Kompas.id
EkonomiInflasi Meningkat Tanda Konsumsi Masyarakat Membaik

Inflasi Meningkat Tanda Konsumsi Masyarakat Membaik

Indeks Harga Konsumen pada bulan Mei meningkat dibandingkan April. Ini adalah salah satu indikator bahwa konsumsi masyarakat dan rumah tangga perlahan meningkat seiring dengan pemulihan ekonomi.

Oleh Benediktus Krisna Yogatama
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Warga berbelanja di Pasar Senen, Jakarta, Rabu (2/6/2021). Badan Pusat Statistik mencatat laju inflasi pada bulan Mei 2021 sebesar 0,32 persen. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan inflasi pada bulan April 2021 yang mencapai 0,13 persen. Kenaikan harga bahan pangan selama bulan Ramadhan turut memengaruhi laju inflasi. Komoditas pangan yang menyumbang inflasi antara lain daging ayam, daging sapi, dan minyak goreng.

JAKARTA, KOMPAS — Indeks Harga Konsumen pada bulan Mei 2021 meningkat dibandingkan dengan April. Meningkatnya inflasi di tengah pelarangan mobilitas mudik menyiratkan konsumsi masyarakat perlahan membaik seiring dengan pemulihan ekonomi yang sedang berjalan.

Badan Pusat Statistik (BPS) merilis inflasi pada Mei 2021 tercatat tumbuh 0,32 persen dibandingkan dengan April 2021. Sejak awal tahun hingga Mei, inflasi sudah tumbuh 0,9 persen. Adapun secara tahunan, inflasi Mei 2021 tumbuh 1,68 persen terhadap Mei 2020.

Editor: Aris Prasetyo
Bagikan
Memuat data..