logo Kompas.id
EkonomiPertumbuhan Penyaluran KPR Membaik

Pertumbuhan Penyaluran KPR Membaik

Penyaluran KPR perbankan pada triwulan pertama tahun ini mengalami kenaikan pertumbuhan dibandingkan periode sebelumnya. Pendorong pertumbuhan terbesar berasal dari rumah tipe 22-70.

Oleh Benediktus Krisna Yogatama
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/AGUS SUSANTO

Foto udara kawasan perumahan di Cakung, Jakarta Timur, Jumat (28/5/2021). Peluang masyarakat dalam membidik sektor properti membesar dengan adanya sejumlah insentif yang digulirkan pemerintah. Suplai properti cenderung meningkat, sementara harga properti cenderung turun.

JAKARTA, KOMPAS — Penyaluran kredit pemilikan rumah atau KPR dari perbankan makin membaik pada triwulan pertama tahun ini. Pendorong pertumbuhan terbesar dari rumah tipe 22 hingga tipe 70. Pasar KPR diperkirakan akan terus bertumbuh sampai akhir tahun.

Mengutip data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), penyaluran KPR sampai Maret 2021 tumbuh 4,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Pertumbuhan ini sudah meningkat dibandingkan penyaluran KPR pada September 2020 yang mencapai titik terendah selama pandemi Covid-19 dengan pertumbuhan 3,5 persen.

Editor: Aris Prasetyo
Bagikan
Memuat data..