logo Kompas.id
EkonomiWirausahaMisi Menyambungkan UKM dengan Diaspora

Misi Menyambungkan UKM dengan Diaspora

Data diaspora Indonesia di beberapa negara akan dikurasi dan dipetakan untuk membangun jaringan ekspor dari hulu hingga hilir. Upaya ini dalam rangka pembuatan peta jalan pengembangan ekspor 500K eksportir baru.

Oleh Hendriyo Widi
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO

Seorang pegawai menata produk-produk lokal dari sekitar 200 UKM terkurasi di gerai grosir M Bloc Market yang menempati bekas gudang milik Perum Peruri di M Bloc Space, Blok M, Jakarta, Minggu (7/3/2021). Gerai grosir M Bloc Market menyediakan 800 item produk dari sekitar 200 UKM.

Mencetak eksportir baru dari kalangan usaha kecil menengah atau UKM tak mudah. Selain penguatan usaha tersebut, jejaring pasar perlu dibangun. Misi menyambungkan UKM dengan diaspora di sejumlah negara digulirkan.

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Sekolah Ekspor, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Luar Negeri menjembataninya. Melalui Seri Dialog Global 500K Eksportir Baru ”Diaspora Eksportir Baru Wilayah Amerika Serikat” yang digelar secara virtual, Kamis (27/5/2021), diaspora yang memiliki bisnis di sejumlah wilayah AS dihadirkan.

Editor: Mukhamad Kurniawan
Bagikan
Memuat data..