logo Kompas.id
EkonomiLangkah Inklusif BSI untuk Optimalisasi Ziswaf

Langkah Inklusif BSI untuk Optimalisasi Ziswaf

Apabila potensi ziswaf yang mencapai Rp 300 triliun dapat dimobilisasi dengan baik, ziswaf di Indonesia dapat menjadi salah satu sumber pembiayaan sekaligus pembangunan masyarakat.

Oleh Dimas Waraditya Nugraha
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/RIZA FATHONI

Warga membayar zakat di tenda pelayanan penyaluran zakat fitrah Masjid Al Azhar, Jakarta Selatan, Jumat (7/5/2021). Masjid Agung Al Azhar membuka layanan pembayaran zakat fitrah sistem lantatur selama pandemi Covid-19 dengan memberlakukan protokol kesehatan untuk memudahkan pengendara mobil, motor, ataupun pejalan kaki yang melintas di kawasan tersebut.

Perbankan syariah merupakan salah satu motor yang dapat diandalkan untuk mendorong pergerakan ekonomi di Tanah Air. Dalam setahun terakhir, industri keuangan syariah mampu menunjukkan daya tahan yang relatif baik di tengah krisis.

Secara nasional, penyaluran pembiayaan oleh perbankan syariah tumbuh hingga 8,08 persen secara tahunan menjadi Rp 395 triliun pada 2020. Pertumbuhan ini terjadi ketika penyaluran kredit secara nasional terkontraksi hingga negatif 2,31 persen secara tahunan menjadi Rp 5.603 triliun karena terdampak pandemi Covid-19.

Editor: Aris Prasetyo
Bagikan
Memuat data..