logo Kompas.id
EkonomiDigitalisasi Bantu UMKM...
Iklan

Digitalisasi Bantu UMKM Menyikapi Tren Pola Konsumsi Daring

UMKM perlu menyesuaikan model bisnis untuk menggarap peluang bisnis di pasar digital. Hal ini dibutuhkan seiring dengan tren perubahan pola konsumsi dari luring ke daring.

Oleh
CYPRIANUS ANTO SAPTOWALYONO
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/1V1VAJsdhf700hDLJwjlOqCJgL4=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F03%2F4c3fb0cc-8b3b-4b0d-973d-2817994001d2_jpg.jpg
KOMPAS/JUMARTO YULIANUS

Pengunjung memperhatikan produk-produk kerajinan dalam pergelaran UMKM Karya Kreatif Banua-Go Digital di Atrium Duta Mall, Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), Sabtu (6/3/2021). Pergelaran yang berlangsung pada 6-7 Maret 2021 tersebut diadakan Bank Indonesia Kalsel untuk mendukung digitalisasi UMKM di masa adaptasi kebiasaan baru.

JAKARTA, KOMPAS — Pandemi Covid-19 mendorong perubahan pola konsumsi dari yang sebelumnya dilakukan secara luring menjadi daring. Penyesuaian model bisnis melalui digitalisasi dibutuhkan agar pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah dapat menangkap kecenderungan konsumen di pasar.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM), jumlah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) pada 2018 sebanyak 64,19 juta unit. Dari jumlah itu, baru sekitar 8 juta UMKM yang terhubung pasar digital hingga awal 2020.

Editor:
Hendriyo Widi
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000