logo Kompas.id
EkonomiPergudangan Pintar Akan Turunkan Biaya Logistik

Pergudangan Pintar Akan Turunkan Biaya Logistik

Otomatisasi di pergudangan akan jadi tren di masa depan. Pergudangan pintar akan meningkatkan kualitas penyimpanan dan penyortiran barang.

Oleh ERIKA KURNIA
· 1 menit baca

Laporan perusahaan ilmu data yang berbasis di Austria, StartUs,  Januari 2021, membeberkan bahwa tren logistik saat ini dipengaruhi adaptasi teknologi. Tren tersebut berupa penerapan internet untuk segala (IoT), robotik, otomatisasi pergudangan, dan rantai blok (blockhain), kecerdasan buatan (AI), pengiriman jarak jauh, analisis data, komputasi awan, kendaraan nirawak, dan logistik elastis.

Budi Handoko, Co-Founder dan COO Shipper, perusahaan teknologi logistik terintegrasi, dalam konferensi pers virtual, Selasa (23/3/2021), menyoroti tren yang terjadi di sektor pergudangan. Sebagaimana hasil laporan StartUs, menurut dia, industri logistik di seluruh dunia akan semakin mengandalkan otomatisasi untuk menghasilkan peningkatan produktivitas dan efisiensi yang signifikan dalam alur kerja.

”Prinsip otomatisasi dalam gudang pintar (smart warehouse) bisa mengontrol biaya operasional untuk bisnis logistik. Misalnya, cara penyortiran barang menggunakan kendaraan otomatis agar kesalahan tenaga kerja dapat diminimalkan, lalu cara mengatur penyimpanan barang dengan dimensi berbeda agar kapasitas gudang bisa terpakai maksimal,” jelasnya.

Editor: M Fajar Marta
Bagikan
Memuat data..