logo Kompas.id
EkonomiJamin Mutu Rumah Rakyat dengan...

Jamin Mutu Rumah Rakyat dengan ”SiPetruk”

Aplikasi sistem pemantauan konstruksi atau SiPetruk diharapkan meningkatkan pengawasan pembangunan rumah bersubsidi untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Selama ini, keluhan soal mutu bangunan masih jamak terdengar.

Oleh
CYPRIANUS ANTO SAPTOWALYONO / MUKHAMAD KURNIAWAN
· 1 menit baca
https://dmm0a91a1r04e.cloudfront.net/fIczkIYQ7LhejUIxZw8rlKlhx-g=/1024x683/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F02%2F6c5746dc-9ce7-4a0a-885e-6234a8a8f0ba_jpg.jpg
Kompas/Hendra A Setyawan

Petugas lapangan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) melakukan pemasangan jaringan dan instalasi listrik di kompleks perumahan bersubsidi yang baru dibangun di kawasan Parung Panjang, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (3/2/2021).

Tata kelola pembangunan rumah massal yang baik dibutuhkan untuk menjamin kualitas hunian layak bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Dengan memanfaatkan teknologi, aplikasi sistem pemantauan konstruksi atau SiPetruk diharapkan dapat mengefektifkan dan mengefisienkan pengawasan pembangunan rumah rakyat tersebut.

Rumah merupakan kebutuhan dasar bagi setiap orang atau warga negara. Menurut Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman, negara bertanggung jawab untuk memastikan setiap orang menghuni rumah yang layak dan terjangkau. Terkait dengan hal itu, pemerintah bertugas mengalokasikan anggaran pembangunan dan memfasilitasi penyediaan perumahan, khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Editor:
Mukhamad Kurniawan
Bagikan