logo Kompas.id
EkonomiWirausahaIndustri Pangan Lokal Didorong Naik Kelas untuk Bangkitkan Ekonomi

Industri Pangan Lokal Didorong Naik Kelas untuk Bangkitkan Ekonomi

Industri kecil dan menengah di sektor makanan dan minuman didorong naik kelas untuk meningkatkan daya saing global sekaligus membangkitkan ekonomi nasional.

Oleh ERIKA KURNIA
· 1 menit baca

Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) pun melakukan berbagai kebijakan dan aksi untuk kepentingan tersebut. Salah satunya dengan menginisiasi program Indonesia Food Innovation (IFI) 2021. Program yang memasuki tahun kedua tersebut diadakan untuk mendorong pelaku industri berinovasi sehingga bisa terus bertahan dan mengembangkan usaha pada situasi serba baru, seperti saat pandemi Covid-19.

Program ini dapat diikuti IKM makanan dan minuman, produsen produk tengah atau akhir yang telah memiliki izin usaha dan edar dengan minimum omzet Rp 25 juta per bulan. Selain pembinaan untuk peserta terpilih, pemenang program bisa mendapatkan program akselerasi lanjutan hingga sertifikasi untuk peningkatan daya saing.

”IFI pada 2021 diharapkan bisa dimanfaatkan IKM di sektor makanan dan minuman untuk mendapat pendampingan dan pembinaan yang tepat dari sisi bisnis maupun teknik produksinya. Jadi, ini akan bisa mengakselerasi IKM menjadi lebih modern, marketable, profitable, dan sustainable,” kata

Editor: M Fajar Marta
Bagikan
Memuat data..