logo Kompas.id
EkonomiPemerataan Ekonomi Tertahan Pandemi Covid-19

Pemerataan Ekonomi Tertahan Pandemi Covid-19

Pemindahan ibu kota negara sebagai salah satu upaya pemerataan ekonomi tertahan pandemi. Di sisi lain, target keluar dari jebakan kelas menengah pada 2045 bisa tak tercapai.

Oleh KARINA ISNA IRAWAN
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/ALIF ICHWAN

Pengunjung melihat pemenang sayembara desain ibu kota negara baru. Desain Nagara Rimba Nusa memenangi sayembara ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan Timur yang diumumkan di Auditorium Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, di Jakarta, Senin (23/12/2019). Nagara Rimba Nusa adalah konsep yang menghubungkan manusia dengan alam dan lingkungan serta memanfaatkan potensi sumber daya air sebagai bagian dari kehidupan.

JAKARTA, KOMPAS — Pemerataan ekonomi akan menahan penurunan produk domestik bruto. Namun, diperlukan upaya-upaya khusus dan komitmen ekonomi politik yang kuat untuk bisa menggeser struktur perekonomian ke luar Jawa.

Badan Pusat Statistik mencatat, pertumbuhan ekonomi RI secara kumulatif Januari-Desember 2020 minus 2,07 persen. Struktur perekonomian pada 2020 secara spasial masih didominasi kelompok provinsi di Jawa dengan kontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) 58,75 persen. Adapun pertumbuhan ekonomi Jawa minus 2,51 persen.

Editor: Hendriyo Widi
Bagikan
Memuat data..