logo Kompas.id
EkonomiDari ”Newsroom” Menuju...
Iklan

Dari ”Newsroom” Menuju ”Newsincorp”...

Pada gilirannya, pengelola media harus mampu menggabungkan seluruh potensi, peluang, publik, kompetitor, dan ekosistem yang ada untuk menjaga kehidupannya dan terus mengembangkan jurnalisme serta kepercayaan publik.

Oleh
Tri Agung Kristanto
· 11 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/5wGFZfEaDguSN0l9GvWDqcsvbj0=/1024x684/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F02%2Fkompas_tark_26410252_83_0.jpeg
KOMPAS/TRI AGUNG KRISTANTO

Lokakarya media massa internasional, yang tergabung di Impact Journalism Day, September 2016, di Ottawa, Kanada, antara lain membahas kolaborasi antara 50 penerbit surat kabar di dunia. Lokakarya itu juga membicarakan ancaman disrupsi digital.

Dengan masih hidup, kita masih bisa bergulat, masih bisa bergerilya menegakkan demokrasi, asal kita tidak menggadaikan suara hati….” (Jakob Oetama (1931-2020), pendiri harian Kompas)

Selasa (9/2/2021) adalah Hari Pers Nasional. Namun, perayaan hari yang seharusnya menggembirakan pengelola media dan wartawan di negeri ini justru dimulai dengan suasana kelabu. Keprihatinan yang dalam. Pandemi Covid-19 melengkapi tantangan berat yang sejak sepuluh tahun terakhir ditebarkan oleh disrupsi digital, yang membuat sejumlah media di dunia tumbang.

Editor:
Hendriyo Widi
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000