logo Kompas.id
EkonomiPemulihan Keyakinan Konsumen...
Iklan

Pemulihan Keyakinan Konsumen Atasi Perlambatan Inflasi

Indeks harga konsumen pada Januari 2021 turun dibandingkan bulan sebelumnya yang mencerminkan rendahnya permintaan di tengah pandemi. Penanganan Covid-19 krusial untuk membangkitkan kepercayaan konsumen.

Oleh
M Paschalia Judith J
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/SwYaOICfCVCXAg2777u7wTObfNI=/1024x768/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F01%2F20210128VIO-PEMBATASAN-JAM-OPERASIONAL-2_1611826833.jpg
KOMPAS/VINA OKTAVIA

Suasana salah satu pusat perbelanjaan di Kota Bandar Lampung, Kamis (28/1/2021), pada hari pertama pemberlakuan pembatasan jam operasional.

JAKARTA, KOMPAS — Tren perlambatan indeks harga konsumen atau inflasi membayangi perekonomian Indonesia triwulan I-2021 lantaran tekanan akibat pandemi Covid-19 belum usai. Pemulihan keyakinan konsumen menjadi kunci mendorong permintaan yang tecermin dalam belanja masyarakat.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, inflasi pada Januari 2021 secara bulanan mencapai 0,26 persen, lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya yang mencapai 0,45 persen. Kelompok pengeluaran makanan dan minuman memberi andil terbesar, yakni 0,21 persen, terhadap inflasi Januari 2021, terutama didorong oleh kenaikan harga beberapa komoditas seperti cabai rawit, tahu, tempe, dan daging sapi.

Editor:
Mukhamad Kurniawan
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000