logo Kompas.id
EkonomiOrkestrasi Kesuksesan Merger
Iklan

Orkestrasi Kesuksesan Merger

Tanda-tanda kegagalan merger sebenarnya mulai tampak ketika pascamerger karyawan mengalami demotivasi, konsumen merasakan penurunan kualitas produk, dan vendor juga bingung berhadapan dengan manajemen baru.

Oleh
ANDREAS MARYOTO
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/9BuJ3ItMJNh5eNuVvS2NCrJA1yw=/1024x683/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F02%2F1e4bf612-b4a8-4cbd-a635-fef17f70d32c_jpg.jpg
KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO

Teller Bank Syariah Indonesia (BSI) menghitung uang rupiah di Kantor Cabang Hasanudin, Blok M, Jakarta Selatan, Senin (1/2/2021). Bank yang merupakan hasil merger dari PT Bank BRI Syariah Tbk, PT Bank BNI Syariah, dan PT Bank Syariah Mandiri tersebut resmi beroperasi pada Senin. Bank beraset Rp 240 triliun ini diharapkan dapat memberikan efek domino bagi ekonomi syariah dan rantai pasok industri halal dalam negeri. BSI saat ini berada di posisi ke-7 dalam daftar sepuluh besar bank terbesar di Indonesia dari sisi aset.

Di tengah pandemi Covid-19, sejumlah perusahaan melakukan merger. Pandemi itu sendiri telah membuat perusahaan pusing, apalagi bila ditambah keharusan untuk merger karena berbagai alasan, maka sudah pasti mereka makin pusing. Namun, merger sebenarnya telah memiliki kerumitan tersendiri sekalipun tidak ada pandemi.

Tahun lalu sejumlah merger dilakukan perusahaan swasta. Sejak tahun lalu kita mendengar ada rencana merger antara Gojek dengn Grab dan awal tahun ini antara Gojek dengan Tokopedia. Kemudian kemarin, diresmikan merger tiga bank syariah badan usaha milik negara. Tahun ini kemungkinan masih ada lagi rencana merger meski belum diketahui dengan pasti.

Editor:
Hendriyo Widi
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000