Gramedia Siap Buka Gerai di Purwakarta dan Cilegon
Gramedia terus berinovasi dan beradaptasi di tengah perubahan dan menyikapi kondisi pandemi Covid-19. Transformasi ke digital dan pembukaan gerai ditempuh di usianya yang memasuki 51 tahun pada tahun ini.
Oleh
BM Lukita Grahadyarini
·2 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Memasuki usia ke-51 tahun, perusahaan ritel dan distributor buku Gramedia berencana memperluas jangkauan pasar. Tahun 2021, Gramedia akan menambah dua gerai baru di Purwakarta dan Cilegon serta memperkuat layanan digital.
Hingga saat ini, Gramedia memiliki 119 toko di 33 provinsi dan 53 kota. Selain itu, layanan produk digital melalui buku elektronik (e-book) dan perpustakaan elektronik ePerpus. ePerpus mencakup koleksi 50.000 judul buku, majalah, dan koran dari ratusan penerbit dalam dan luar negeri.
Direktur Operasional PT Gramedia Asri Media V Sugiarto menyatakan, selama masa pandemi Covid-19, Gramedia mengambil langkah preventif dan adaptif, antara lain, dengan menghadirkan layanan berupa pesan, bayar, antar (PBA) ke konsumen.
Selain itu, Gramedia melakukan transformasi produk ke bentuk digital berupa e-book dan ePerpus. Koleksi ePerpus disimpan dalam komputasi awan dan dapat diakses setiap saat dan terus diperbarui secara berkala.
”Setiap tahun, selain berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas produk unggulan, kami juga terus melakukan berbagai inovasi untuk memberi pelayanan terbaik,” ujarnya, dalam keterangan tertulis, Selasa (2/2/2021), dalam peringatan ulang tahun ke-51 Gramedia yang bertema #TanpaBatas.
Guna memperingati ulang tahun ke-51, Gramedia menghadirkan pameran buku serta sejumlah diskon untuk produk buku, produk ritel, dan ongkos kirim selama periode 2-7 Februari 2021. Diskon tersebut dapat diperoleh melalui situs daring Gramedia.com dan gerai.
Berdiri pada tahun 1970, PT Gramedia Asri Media atau Toko Gramedia adalah salah satu Strategic Business Unit Kelompok Kompas Gramedia yang bergerak di bisnis ritel dengan produk utama buku dan alat-alat tulis. Hal ini berkaitan dengan misi untuk ikut berperan dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa melalui penyebaran informasi dan pengetahuan.
Dalam perkembangannya, Gramedia melakukan transformasi toko buku fisik ke bentuk online melalui Gramedia.com. Hingga 2020, PT Gramedia Asri Media melakukan pengembangan usaha seperti ekspor dan distribusi buku, pengadaan stationary, produk multimedia, fancy, CD, alat musik dan olahraga, serta penerbitan, dengan private label, seperti Gramedia Kids, Teeny Teensy, Eversac dan Millors.