Tidak hanya keamanan dan keselamatan, penyedia transportasi daring kini berupaya menjamin kebersihan dan kesehatan agar masyarakat tidak cemas saat menggunakan transportasi di tengah pandemi Covid-19.
Oleh
SHARON PATRICIA
·4 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Penyedia layanan transportasi dalam jaringan atau daring terus berinovasi menghadirkan fitur dan fasilitas yang tidak hanya mengutamakan keselamatan, tetapi juga kesehatan. Penerapan protokol kesehatan pun menjadi yang utama dari para mitra pengemudi untuk memberikan rasa aman bagi pengguna.
Sepanjang tahun 2020, Gojek tetap menjadi andalan transportasi masyarakat. Meski terpukul oleh pandemi, 88 persen pengguna menilai layanan GoRide dan GoCar sebagai layanan yang lebih aman, higienis, dan nyaman jika dibandingkan dengan layanan atau produk serupa.
Chief Transport Officer Gojek Group Raditya Wibowo menyampaikan, memasuki 2021, Gojek berkomitmen terus menghadirkan berbagai inovasi baru. Tujuannya, guna mendukung produktivitas sekaligus mengurangi kecemasan masyarakat yang masih harus hidup berdampingan dengan pandemi.
Paparan ini mengemuka dalam webinar bertajuk ”Makin Aman dengan GoRide dan GoCar di 2021” yang diselenggarakan pada Kamis (14/1/2021). Hadir pula sebagai narasumber, antara lain, Sekretaris Jenderal Masyarakat Transportasi Indonesia Harya S Dillon dan psikolog Kasandra Putranto.
Lebih lanjut, menurut Raditya, pada awal 2021, Gojek akan memperkenalkan inovasi terbaru berupa fitur untuk menjadwalkan pesanan layanan transportasi dan fitur lain yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Misalnya, untuk kebutuhan bisnis guna mendukung masyarakat yang terpaksa beraktivitas di luar rumah agar dapat bepergian dengan lebih cepat, aman, dan nyaman.
Inovasi lain yang akan terus dikembangkan tahun 2021, antara lain GoCorp, yaitu layanan untuk mendukung perjalanan bisnis yang aman, nyaman, mudah digunakan, dan dengan biaya yang rasional bagi korporasi. Adapun inisiatif GoGreener untuk memperkuat komitmen dalam menjalankan kegiatan operasional perusahaan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.
Untuk fitur GoTransit, Raditya mengatakan, akan dilanjutkan dan sudah dipercanggih untuk merencanakan perjalanan hingga mengambil keputusan terkait moda transportasi yang akan dipilih pelanggan. Sejalan dengan itu, Gojek akan terus memperkuat inovasi J3K, termasuk perkokoh zona nyaman J3K (jaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan) sebagai standar baru titik penjemputan transportasi daring.
”Besaran nilai untuk memperkuat inovasi J3K yang kami keluarkan di 2021 sebanyak 1,5 kali lipat lebih besar dibandingkan tahun sebelumnya. Fokus kami adalah untuk membantu melindungi ekosistem mitra driver dan konsumen,” kata Raditya.
Harya S Dillon menyampaikan, layanan transportasi saat ini bukan hanya menjamin keamanan dari tindak kriminalitas, tetapi juga aman secara kesehatan. Vaksin Sinovac memang menjadi awal yang baik, tetapi penanganan Covid-19 belum selesai.
Pascapandemi, menurut Harya, perlu ada prioritas pemulihan transportasi publik dengan menghadirkan high tech (teknologi tinggi) dan low touch (minim sentuhan). Kewaspadaan pun harus terus ditingkatkan meski nantinya kurva perkembangan kasus harian Covid-19 sudah menurun.
”Meski nantinya (pandemi) usai, testing secara berkala dengan pemilihan acak harus menyertakan front liner dalam sektor transportasi publik. Semua ini adalah upaya kita untuk kembali mendapatkan kepercayaan dari publik,” ujar Harya.
Kasandra Putranto menyampaikan, pandemi Covid-19 yang membawa perubahan dalam setiap aspek kehidupan membuat kebutuhan masyarakat akan rasa aman dan sehat kian meningkat. Jaminan rasa aman dan higienitas kini menjadi kebutuhan dasar bagi masyarakat.
”Untuk mengatasi pandemi agar segera selesai, kita harus memutus rantai penyebaran Covid-19. Sejalan dengan itu, penting memastikan rantai kehidupan manusia tidak terputus dengan kepastian ekonomi serta menjaga diri dan keluarga dari hoaks,” kata Kasandra.
Kualitas udara
Sementara itu, dalam keterangan resmi yang diterima Kompas, Panasonic Corporation hari ini mengumumkan kerja sama dengan Grab Holdings Inc (Grab), perusahaan penyedia layanan transportasi mobil di Asia Tenggara. Inovasi kini dihadirkan dengan menggunakan nanoe™ X kepada seluruh pelanggan dan penumpang yang menggunakan GrabCar Premium untuk merasakan tingkat layanan yang lebih tinggi.
Ada sekitar 5.500 kendaraan GrabCar Premium yang beroperasi di lima kota besar di empat negara, yaitu Kuala Lumpur (Malaysia), Singapura, Ho Chi Minh City dan Hanoi (Vietnam), dan Jakarta (Indonesia). Generator nanoe™ X akan dilengkapi pada setiap kendaraan pada pertengahan Januari 2021.
nanoe™ adalah ion partikel berukuran nano yang diproduksi dengan cara memberikan tegangan tinggi untuk menghasilkan radikal hidroksil atau senyawa reaktif yang dapat bercampur dengan berbagai zat.
Saat ini nanoe™ X digunakan di berbagai peralatan rumah tangga, antara lain air purifier, AC, mesin cuci, dan kulkas, serta digunakan di berbagai tempat, seperti mobil, kereta api, dan peralatan AC. Alat ini digunakan karena dapat menghilangkan bau, menghilangkan bakteri, dan alergen.
Generator nanoe™ X yang akan dipasang di kendaraan GrabCar Premium, ditenagai oleh port USB dan cukup ringkas untuk dipasang di tempat cangkir mobil. Dengan demikian, udara di dalam mobil dapat selalu terjamin kebersihannya.