logo Kompas.id
EkonomiMajunya Keuangan Digital Kenya...
Iklan

Majunya Keuangan Digital Kenya di Tengah Ketertinggalan Afrika

M-Pesa, layanan keuangan digital di Kenya, dapat menjadi contoh untuk meningkatkan inklusi keuangan. Dukungan pemerintah diperlukan untuk menyusun regulasi dan menyediakan fasilitas, termasuk infrastruktur digital.

Oleh
SHARON PATRICIA
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/9M5ellMiHGftt1LFa5_8_1ZM3C8=/1024x575/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F12%2F20201211-Opini-6-Meneropong-Ekonomi-Digital-2021_1607697962.jpg
DIDIE SRI WIDIYANTO

Ilustrasi keuangan digital

Pembayaran digital di Nairobi, Kenya, dapat dikatakan sudah menjadi budaya, bahkan lebih maju daripada banyak negara Barat. Perusahaan M-Pesa dinilai telah berhasil meningkatkan inklusi keuangan dengan memperluas akses keuangan digital di Kenya.

Dalam buku The Digital Banking Revolution (2020) dijelaskan, pembayaran digital M-Pesa yang telah membudaya di Kenya terlihat dari keseharian masyarakat, mulai dari naik taksi hingga membeli minuman dan makanan di toko. Pada 2018, M-Pesa menangani 1,7 miliar transaksi per tahun, setengah dari Produk Domestik Bruto (PDB) Kenya.

Editor:
M Fajar Marta
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000