logo Kompas.id
EkonomiMembiayai Pertumbuhan Ekonomi

Membiayai Pertumbuhan Ekonomi

Tak mudah untuk mendapatkan investasi sebesar Rp 5.900 triliun di tengah ekonomi yang masih lesu akibat pandemi Covid-19. Apabila tak terwujud, target pertumbuhan ekonomi 5 persen pada 2021 sulit tercapai.

Oleh M Fajar Marta
· 1 menit baca
Memuat data...

M Fajar Marta, Wartawan Kompas

Indonesia membutuhkan investasi sebesar Rp 5.900 triliun untuk mencapai pertumbuhan ekonomi sebesar 5 persen pada 2021, dengan asumsi rasio ICOR sebesar 6,77. ICOR atau incremental capital output ratio merupakan angka yang menunjukkan besarnya tambahan investasi yang dibutuhkan untuk menambah satu unit output. Rasio ICOR 6,77 berarti dibutuhkan investasi sebesar Rp 6,77 untuk menghasilkan tambahan output atau produk domestik bruto senilai Rp 1.

ICOR menjadi salah satu parameter yang menunjukkan tingkat efisiensi investasi suatu negara. Semakin kecil ICOR, semakin sedikit investasi yang dibutuhkan untuk menghasilkan output tertentu. ICOR Indonesia relatif tinggi dibandingkan dengan negara-negara peer, seperti Filipina yang sebesar 3,7; Thailand yang 4,5; Malaysia 4,6; dan Vietnam yang sebesar 5,2.

Editor: Hendriyo Widi
Bagikan
Memuat data..