logo Kompas.id
EkonomiKebutuhan Batubara Dalam Negeri Jadi Prioritas

Kebutuhan Batubara Dalam Negeri Jadi Prioritas

Produksi batubara Indonesia bisa saja melampaui target produksi apabila harga batubara di pasar internasional dinilai lebih menarik. Produksi batubara harus diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Oleh ARIS PRASETYO
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/AGUS SUSANTO

Truk berat mengangkut batubara di Blok Tutupan yang ditambang PT Adaro Indonesia di perbatasan Kabupaten Tabalong dan Balangan, Kalimantan Selatan, Rabu (19/5/2010).

JAKARTA, KOMPAS — Pemerintah berkomitmen mengutamakan kebutuhan batubara untuk pembangkit listrik di dalam negeri. Tahun ini, target produksi batubara mencapai 550 juta ton. Namun, apabila harga batubara dinilai cukup menarik di pasar ekspor, pemerintah akan mengevaluasi target produksi.

Tahun lalu, target produksi batubara nasional sebanyak 550 juta ton, tetapi realisasinya mencapai 558 juta ton. Adapun target produksi 489 juta ton pada 2019, realisasinya justru jauh melampau target, yakni 616 juta ton. Harga batubara yang tinggi pada 2019 menyebabkan produksi batubara digenjot sedemikian rupa untuk mengumpulkan devisa.

Editor: Mukhamad Kurniawan
Bagikan
Memuat data..