logo Kompas.id
EkonomiWirausahaBerbagi Pabrik Dapat Tingkatkan Produksi IKM

Berbagi Pabrik Dapat Tingkatkan Produksi IKM

Sistem berbagi pabrik atau ”factory sharing” sarat dengan efisiensi proses produksi serta penguatan jaringan pasar dan pendanaan. Oleh karena itu, sistem ini perlu terus dikembangkan di Indonesia.

Oleh M Paschalia Judith J
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/PRIYOMBODO

Aktivitas produksi kerajinan untuk pasar ekspor di CV Tashinda Putraprima di Kecamatan Kasihan, Bantul, DI Yogyakarta, Jumat (22/11/2019). Sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) menjadi satu dari tiga sumber ekonomi baru selain ekonomi syariah dan ekonomi digital yang didorong pertumbuhannnya untuk memperkuat ketahanan ekonomi nasional.

JAKARTA, KOMPAS — Industri kecil menengah yang berbagi pabrik dengan pelaku industri sejenis dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi. Sistem berbagi pabrik ini juga dapat mengefisiensikan proses produksi sekaligus berdaya tarik bagi akses pendanaan dan pasar.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Selasa (22/12/2020), mengatakan, nilai luaran (output) industri kecil menengah (IKM) pada industri secara keseluruhan berkisar 21,22 persen. Nilai ini tergolong masih minim sehingga masih ada ruang untuk meningkatkan kontribusi IKM dengan meningkatkan daya saing dan kualitas produk.

Editor: Hendriyo Widi
Bagikan
Memuat data..