logo Kompas.id
EkonomiBertransformasi
Iklan

Bertransformasi

Berbagai sektor dan segmen bagai ”dipaksa” bersentuhan dengan platform digital di masa pandemi Covid-19. Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan koperasi juga berusaha mengadopsi layanan digital.

Oleh
CYPRIANUS ANTO SAPTOWALYONO
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/7c9yso7q-1uBvd6lbfmYhzCtBhs=/1024x671/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F11%2F0bc157e5-c4a3-418e-a6c1-19026939b954_jpg.jpg
Kompas/Priyombodo

Produk mainan edukasi ditawarkan salah satu UMKM peserta pameran yang diselenggarakan Kementerian Perdagangan di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, Rabu (18/11/2020). Pameran yang menampilkan berbagai produk kerajinan itu berlangsung hingga 22 November 2020. Usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM adalah sektor yang terdampak pandemi Covid-19.

Pandemi Covid-19 memang menyusahkan. Sejak kasus Covid-19 pertama kali diumumkan pada 2 Maret 2020 hingga Rabu (16/12/2020), 19.248 orang meninggal di Indonesia akibat infeksi virus korona jenis baru tersebut.

Aktivitas atau mobilitas dibatasi untuk mencegah penyebaran Covid-19. Sejak awal, pembatasan sosial berskala besar menjadi cara yang dipilih Pemerintah Indonesia untuk menangani pandemi ini.

Editor:
dewiindriastuti
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000