logo Kompas.id
EkonomiDiversifikasi Produk Bawa UMKM...
Iklan

Diversifikasi Produk Bawa UMKM Perempuan Lewati Krisis

Strategi pelaku usaha untuk bertahan di tengah pandemi Covid-19 tidak cukup hanya bertransformasi ke digital. Pelaku usaha juga dituntut mampu melakukan diversifikasi produk.

Oleh
SHARON PATRICIA
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/GURzZNtlKNDyGuPWMu7Tsej2ZfE=/1024x683/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F11%2F3e13191a-5ad5-4df2-b63a-16c1dc4069cd_jpg.jpg
Kompas/Priyombodo

Peserta pameran memperlihatkan produk lampu hias berbahan kertas bekas dalam pameran yang diselenggarakan Kementerian Perdagangan di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, Rabu (18/11/2020).

Seperti halnya pandemi Covid-19 yang mentransformasi hidup kita, begitu pula pelaku usaha yang sudah seharusnya ikut bertransformasi agar bisa tetap eksis di pasaran. Diversifikasi produk menjadi salah satu strategi yang dapat dilakukan untuk bertahan, bahkan mengembangkan usaha.

Laporan ”Memanfaatkan Digitalisasi untuk Menghadapi Covid-19” yang dikutip pada Sabtu (12/12/2020) menyebutkan, selain beralih ke ranah digital, pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) perlu melakukan diversifikasi produk. Diversifikasi dan fleksibilitas akan mendorong perubahan ruang lingkup usaha untuk memenuhi preferensi pelanggan yang berbeda.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000