logo Kompas.id
EkonomiPandemi Jadi Momentum Pacu Daya Saing UMKM

Pandemi Jadi Momentum Pacu Daya Saing UMKM

Krisis yang dipicu oleh pandemi bisa menjadi momentum untuk mendongkrak daya saing produk UMKM agar lebih masif di pasar domestik ataupun mancanegara. Ekspansi UMKM akan berkontribusi pada pemulihan ekonomi.

Oleh Dimas Waraditya Nugraha
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/A TOMY TRINUGROHO

Direktur Utama Bank BRI Sunarso (ketiga dari kanan) berbincang-bincang dengan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki serta Komisaris BRI sekaligus Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Kamis (10/12/2020), di Jakarta Convention Center, Jakarta, seusai peresmian UMKM EXPO(RT) Brilianpreneur 2020. Mereka berbincang-bincang saat mengunjungi stan pasar.id yang berfungsi menghubungkan pedagang pasar dengan konsumen.

JAKARTA, KOMPAS — Pemerintah berupaya memanfaatkan krisis ekonomi yang dipicu oleh pandemi Covid-19 sebagai momentum menyiapkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar semakin berdaya saing. Apabila dikelola dengan baik, ekspansi pasar produk UMKM bisa berkontribusi pada pemulihan ekonomi nasional.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, setelah mampu bertahan dari hantaman krisis, pelaku UMKM diharapkan mampu bangkit dan berinovasi untuk menguasai pasar dalam negeri serta mampu berkompetisi dengan produk dari negara lain.

Editor: Mukhamad Kurniawan
Bagikan