logo Kompas.id
EkonomiDigitalisasi, Keniscayaan...
Iklan

Digitalisasi, Keniscayaan Selama Pandemi Covid-19 dan Sesudahnya

Transformasi digital selama dua tahun terjadi dalam dua bulan saja, kata CEO Microsoft Satya Nadella. Kini, setelah 9 bulan berada dalam pandemi Covid-19, transformasi digital apa yang dilakukan perusahaan Indonesia?

Oleh
satrio pangarso wisanggeni
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/1zV9-2OBya_X08ctwmgejV14vbI=/1024x497/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F10%2F753ce6cd-56e7-4e9f-b72a-1a9e1d897bc6_jpeg.jpg
KOMPAS/SEKAR GANDHAWANGI

Foto ilustrasi tampilan Instagram shop e-commerce atau perdagangan digital menjadi salah satu sektor ekonomi digital yang tumbuh pada masa pandemi Covid-19.

JAKARTA, KOMPAS — Transformasi digital dipahami sebagai hal yang harus dilakukan tidak hanya oleh pemain industri yang terpukul akibat pandemi Covid-19, tetapi juga yang tumbuh pesat di masa pagebluk ini. Digitalisasi perlu disadari menjadi sesuatu yang wajib dilakukan untuk mempersiapkan diri jika disrupsi besar serupa pandemi terjadi kembali pada waktu yang akan datang.

Sebagai salah satu sektor yang terpukul parah akibat pandemi, industri penerbangan menyadari bahwa digitalisasi menjadi hal krusial untuk menjaga keberlanjutan industri.

Editor:
khaerudin
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000