logo Kompas.id
EkonomiTantangan Industri Otomotif,...
Iklan

Tantangan Industri Otomotif, Tangguh dan Berkelanjutan

Dengan penduduk besar dan rasio kepemilikan kendaraan yang kecil, Indonesia merupakan pasar yang potensial. Namun, selain tangguh menghadapi dampak pandemi, industri otomotif mesti mulai menimbang aspek keberlanjutan.

Oleh
CYPRIANUS ANTO SAPTOWALYONO
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/T1fLG3-PSN3dJlNlviaZyJw7XYQ=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F05%2F514405_getattachmentbe1745fb-69e5-41ea-a425-830bf5205170505789.jpg
KOMPAS/STEFANUS OSA TRIYATNA

Seorang pekerja sedang merakit salah satu bagian mobil Suzuki Ertiga di pabrik PT Suzuki Indomobil Motor di Cikarang, Jawa Barat, Senin (19/2/2018).

Negara berpenduduk besar, seperti Indonesia yang memiliki populasi lebih dari 260 juta jiwa, otomatis memiliki posisi sebagai pasar besar. Tak mengherankan ketika para produsen mengincarnya sebagai sasaran pemasaran produk. Pasar besar ibarat magnet bagi produsen dan pemasar produk.

Produsen otomotif termasuk sebagai salah satu pihak yang selama ini menggarap pasar Indonesia. Saat ini sudah satu abad lebih sejak kendaraan bermotor pertama masuk ke Indonesia (waktu itu Hindia Belanda) pada 1894.

Editor:
Mukhamad Kurniawan
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000